Demam busway di Indonesia

Bagi seluruh warga Jakarta, pasti sudah kenal dengan transportasi umum yang satu ini, harganya murah, shelter bus ada dimana – mana dan yang penting, bebas dari kemacetan.Pertama kali busway di perkenalkan pada 2004 lalu oleh gubernur DKI Sutiyoso kala itu, seiring dengan respon warga Jakarta yang antusias terhadap transportasi ini, maka dibangun koridor – koridor busway mulai dari blok m sampai dengan pondok indah baru – baru ini.

Tak sedikit pula dana yang dikeluarkan oleh pemprov DKI mencapai 1.3 Triliun untuk proyek ini, namun hingga saat ini masalah lama itu belum juga terpecahkan, ada beberapa permasalahan pembangunan busway yang malah memperparah kemacetan di Jakarta yaitu :

1.    Pembangunan koridor memakan separuh badan jalan

2.    Pengerjaan proyek membutuhkan waktu lama sehingga menggangu kenyamanan pengguna jalan

3.    Para bikers terkadang nekat melalui jalur busway.

 Selain 3 hal tersebut, ditambah pula dengan padamnya listrik beberapa waktu lalu yang sempat menghentikan operasi busway.Kini, beberapa kota besar pun mengikuti, seperti Bogor dengan trans pakuan, Bandung dengan trans metro bahkan jogja baru akan menyusul dengan nama trans jogja.

Seperti pepatah lama “guru kencing berdiri murid kencing berlari”, Jakarta membangun busway, Bogor, Bandung, Jogja pun mengikuti. Seperti tidak ada habisnya, tetapi ini aneh bin ajaib, sudah tahu pak Sutiyoso salah mengapa diikuti oleh gubernur yang lain, salah kok ditiru.

Memang dari ketiga pengikut beliau, baru Bogor saja yang sudah beroperasi pada Januari 2007, itupun baru dipinggiran belum ke tengah kota.S

ekarang lihatlah kota Bandung, gubernur Jabar H. Danny Setiawan, mencanangkan pembangunan Trans Metro pada 2005 namun sampai sekarang proyek ini terbengkalai seiring dengan berbagai masalah lain yang menimpa kota ini.Nah, apakah dengan hadirnya Trans Jogja demam busway akan menggeliatkan kota Bandung ? Wallahu A’lam   

Indrayadi Soebekti/ XI – IS -1SMA Darul Hikam

One Response to “Demam busway di Indonesia”

  1. susan Says:

    denger2 foke tuh pengennya orang2 kemana2 pake busway, so, ga usah ngeluarin mobil kalo mw pergi2. kan ga macet tuh. tapi, busway yang gimana dulu yang bikin orang rela g usah bawa mobil?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: